Sunday, June 22, 2014

SEPUTAR BUSWAY TRANSJAKARTA 2014

Tower Informatika. Moda transportasi umum andalah ibukota yang satu ini memang sedang menata diri agar selalu menjadi pilihan favorit warganya. Bukan hanya warga ibukota saja tetapi mereka yang hendak menuju Jakarta. Namun apakah anda yang notabennya bukan warga Jakarta sudah terbiasa dengan rute dan aturan-aturannya. Kalau belum, sebaiknya baca tuntas ulasan dibawah ini.

Busway Transjakarta
Transjakarta adalah lembaga pengelola Bus Rapid Transit (BRT) atau lebih dikenal dengan Busway. Bentuk kelembagaan Transjakarta saat ini adalah Badan Layanan Umum (BLU) yang berada di bawah pengawasan Dinas Perhubungan Pemerintah Propinsi DKI Jakarta. BLU Transjakarta bertanggung jawab untuk mengelola Busway yang meliputi perencanaan, pengoperasian dan pemeliharaan.

Transjakarta Busway mulai dioperasikan pada tanggal 15 Januari 2004 dan merupakan program unggulan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk pengembangan transportasi publik berbasis bus. Transjakarta Busway merupakan pionir reformasi angkutan umum yang memprioritaskan kenyamanan, keamanan, keselamatan dan keterjangkauan bagi masyarakat.

Sarana dan prasarana Transjakarta dirancang secara khusus untuk berfungsi sebagai sistem transportasi yang mampu mengangkut penumpang dalam jumlah cukup besar.

Infrastruktur, pengelolaan, pengendalian dan perencanaan sistem Transjakarta Busway disediakan oleh Pemerintah Daerah DKI Jakarta, sementara kegiatan operasional bus dan penerimaan pembayaran dari sistem tiket dikerjasamakan dengan pihak swasta.

Sampai saat ini Transjakarta telah membangun 12 koridor rute operasionalnya, yaitu :

Koridor 1 : Blok M - Jakarta Kota
Koridor 2 : Pulogadung - Harmoni
Koridor 3 : Kalideres - Harmoni
Koridor 4 : Dukuh Atas - Pulogadung
Koridor 5 : Kampung Melayu - Ancol
Koridor 6 : Ragunan - Dukuh Atas
Koridor 7 : Kampung Rambutan - Kampung Melayu
Koridor 8 : Lebak Bulus - Harmoni
Koridor 9 : Pinang Ranti - Pluit
Koridor 10 : Tanjuk Priok - Cililitan
Koridor 11 : Kampung Melayu - Pulogebang
Koridor 12 : Pluit - Tanjung Priok
http://www.rutebusway.com/data/rutebusway.com.pdf
Rute lengkap 12 Koridor (PDF)




Ada beberapa hal yang juga perlu anda tahu jika akan menggunakan moda transportasi ini yaiu : 

1. TIKET
Ada 2 macam tiket yang digunakan yaitu Tiket biasa dan Tiket elektronik (E-Ticket). Untuk beberapa Jalur atau Koridor anda diwajibkan menggunakan e-ticket namun pada koridor umum hanya menggunakan tiket biasa. Sedangkann untuk harga tiketnya itu sendiri adalah seperti berikut :

A. Untuk Tiket biasa 
- Jam 05.00 - 07.00 : 2000
- Jam 07.00 - 22.00 : 3500

B. Untuk E-Ticket
Info Update
Ada beberapa kartu yang disediakan oleh pihak Transjakarta yang bekerjasama dengan beberapa bank seperti pada gambar diatas.

Berikut pengalaman tim Tower Informatika ketika menggunakan moda ini pada koridor 7 (Kp.Rambutan - Kp.Melayu  (PP)). Namun yang kami dapat adalah GazCard untuk transaksi di SPBU namun bisa digunakan juga untuk Busway) dan Flazz dari BCA dengan harga 20.000/kartu (gunakan salah satu saja), berikut gambarnya :

E-Ticket Busway






















Kartu ini sama seperti kartu SIM CARD, KARTU DEBIT atau KARTU COMMUTER yang sering anda gunakan. Kartu ini memiliki saldo di dalamnya yang apabila saldo sudah habis dapat di Top Up (Isi ulang) di ATM atau di Bank-bank tersebut. Masing-masing e-ticket mempunyai limit saldo yang berbeda.

Pada kartu Flazz misalnya, limit saldonya minimumnya adalah 20.000 dan maksimumnya 1.000.000 namun semua e-ticket tidak disertai PIN, menjadikan dapat digunakan oleh siapa saja tanpa harus verifikasi data pemiliknya (Pencurian ditanggung sepenuhnya oleh pemegang kartu bukan atas nama pihak Bank) dan berlaku tanpa batas waktu selama masih terdapat saldo di dalamnya nya dan kartu masih dalam keadaan baik.

2. PENGUNAAN
Cara penggunaannya cukup mudah, hanya tinggal dekatkan atau tempelkan e-ticket ini pada mesin pembaca atau Reader Mechine (Dipandu petugas), sebenarnya sistem ini sudah diterapkan dibeberapa tempat sebelumnya seperti SPBU, Gerbang Tol, Minimarket dll.

3. JAM OPERASIONAL
- Operasional Normal untuk seluruh koridor utama : 05.00 - 22.00
- Operasional Angkutan Malam Hari (Singkat : Amari) : 22.00 - 23.00 (hanya di beberapa koridor saja)

Demikian SEPUTAR BUSWAY TRANSJAKARTA 2014. Semoga membantu.