Sunday, December 11, 2016

MENGUBAH DAN MENGKLAIM LOKASI DI GOOGLE MAPS TERBARU 2017


TowerInformatika.com. Banyak pengguna ponsel pintar bergantung pada teknologi GPS (Global Positioning System) sebagai panduan dalam mencari suatu lokasi. Namun, tidak semua alamat yang terdapat di GPS akurat, banyak di antaranya tidak sesuai dengan lokasi sebenarnya. Apakah bisa diubah atau bahkan dihapus? Berikut pembahasan dan panduannya.

Dengan memanfaatkan teknologi perangkat modern sekarang ini, tidak ada hal yang mustahil untuk dilakukan begitupun dengan menentukan suatu lokasi asing yang belum pernah didatangi sebelumnya yaitu dengan memanfaatkan teknologi GPS.

Salah satu dari sekian pemanfaatan teknologi GPS yang ada yang terkenal yaitu Google Maps dari Google. Google Maps memberikan informasi, panduan dan rekomendasi rute lokasi tertentu. Kemutahiran teknologi ini bukan berarti tidak ada kekurangan, pernahkah anda tersesat yang justru disebabkan oleh Google Maps?

Tidak sedikit lokasi di peta (Google Maps) yang tidak akuran dan tidak sesuai dengan lokasi sebenarnya, hal ini bisa terjadi karena banyak faktor, seperti alamat lokasi suatu tempat yang berpindah, perubahan nama lokasi, alamat yang dibuat oleh pihak yang tidak bertanggungjawab dan lain sebagainya.

Jangan khawatir, anda tetap bisa mengedit alamat lokasi yang ada bahkan alamat tersebut dapat diklaim menjadi hak perseorangan atau institusi khusus, bagaimana caranya? berikut penjelasannya,

1. Untuk mempermudah proses, sebaiknya anda sudah dalam keadaan login akun Google.
2. Buka Google Maps (https://www.google.co.id/maps) atau melalui aplikasi Google Maps di Ponsel anda.
3. Ketika alamat lokasi yang anda inginkan (yang akan anda edit atau klaim)
4. Google Maps akan menampilkan alamat lokasi yang anda ketikan (terkadang ada lebih dari 1 alamat lokasi yang ditampilkan karena keterkaitan lokasi-lokasi tersebut dengan alamat lokasi yang anda cari)
5. Pilih salah satu alamat lokasi yang akan anda edit atau klaim
(disini, saya telah berhasil mengubah alamat lokasi yang sebelumnya "BSI Cikampek" di "Jl. Ahmad Yani dst" menjadi "BSI Cikampek Square" di "Jl. Ir. H. Juanda dst". (Ada ketidakakuratan alamat karena BSI Cikampek berpindah gedung baru dan alamat baru) dan sekarang untuk membuat artikel panduan ini saya akan kembali klaim alamat dari "BSI Campus E6".


6. Setelah alamat lokasi anda pilih maka akan muncul tampilan seperti berikut,


7. Ada pilihan "Suggest an edit" untuk mengedit alamat atau "Claim this business".

Perbedaannya adalah jika "Suggest an edit" ada keterbatasan dalam kustomisasi informasi profil, jadi sifatnya anda hanya "memberikan tanggapan atau saran alamat yang benar" ini juga dapat dilakukan oleh siapapun pengguna Google Maps lainnya dan proses peninjauan oleh Google membutuhkan beberapa waktu dan terkadang tidak pasti akan diterima (alamat lokasi tidak berubah sesuai saran yang anda kirimkan).

Sedangkan "Claim this business" berarti anda meminta hak kustomisasi kepada Google dan memberikan pengakuan bahwa alamat lokasi tersebut adalah milik anda sebagai alamat bisnis tentu keleluasaan anda akan jauh lebih besar dalam mengubah profil informasi alamat tersebut.

8. Disini saya pilih, "Claim this business". anda akan dialihkan kehalaman google business.
ceklis pada pilihan "I am authorized to manage this ... dst" lalu tekan tombol "Continue"


9. Proses belum selesai, anda harus memvevifikasi akun anda dengan nomor ponsel, masukan nomor ponsel anda dan silahkan pilih salah satu dari 2 opsi yang ada (Text message (SMS) atau Voice Call). Disini saya pilih "Text message (SMS) lalu tekan tombol "Continue"


10. Google akan mengirimkan SMS verifikasi akun anda (bukan verifikasi alamat lokasi). Masukan kode yang telah di SMS oleh Google (6 Digit angka) dan tekan "Continue"


11. Jika benar, maka anda akan dialihkan ke tahap berikutnya yaitu pilihan bagaimana anda ingin Google melakukan verifikasi terhadap anda, ada 2 pilihan yaitu "By phone now" atau "By mail at" (sesuai alamat lokasi yang anda Claim). saya pilih "By mail at" dan klik tombol "Mail".


12.  Ketikan nama calon penerima postcard kode Verifikasi dari Google.


13. Sampai disini peran serta anda sementara sudah selesai, selebihnya anda tunggu postcard yang akan dikirimkan oleh Google.


14. Alamat lokasi pada Google yang anda klaim tetap tidak berubah sampai proses verifikasi selesai.


15. Pengalaman saya, proses pengirimannya sangat cepat. hanya selang satu hari kerja postcard sudah sampai kepada saya. Didalamnya terdapat kode verifikasi yang harus anda masukan di Google Maps untuk mengklaim alamat lokasi anda.


 16. Akan ada kode verifikasi didalam amplop tersebut. langkah berikutnya anda harus buka alamat Verifikasi Google Business (google.com/verifymybusiness). Login akun Google anda dan masukan kode tersebut.


16. Setelah suksus, maka sekarang anda bisa dengan leluasa mengkustomisasi informasi profil alamat lokasi business anda. Saya sarankan anda juga Download Aplikasi Google MyBusiness (https://play.google.com/store/apps/details?id=com.google.android.apps.vega)  untuk mempermudah mengelola business anda dimana saja dan kapan saja.


Demikianlah panduan singkat "Claim" lokasi di Google Maps. Semoga dapat menambah referensi bagi anda dalam usaha optimalisasi dan mengelola bisnis anda, karena dari hal terkecil sekalipun seperti mengelola lokasi bisnis yang akurat (pengguna GPS dapat menemukan lokasi bisnis anda dengan mudah) sehingga dapat memberikan dampak yang efektif dan besar.