Monday, April 10, 2017

DASAR DOMAIN DAN HOSTING UNTUK PEMULA 2017

TowerInformatika.com - Jika kamu adalah seorang Web Developer, Web Programmer atau Pemula yang sedang belajar membuat sebuah Website tentu kamu tahu agar website yang kamu buat dapat diakses oleh peselancar internet tentunya harus mempunyai domain dan di-Hosting.


Dalam pembuatan website kamu harus memahami domain dan hosting. Jika kamu seorang Blogger kemungkinan besar kamu tidak perlu tahu detail seputar domain dan hosting.

Penyedia layanan blog terkenal seperti Blogspot dan Wordpress memudahkan penggunanya, cukup registrasi menggunakan email, memilih template, menambah widget dan posting artikel maka blog kamu sudah siap diakses di Internet. Secara otomatis domain blog kamu adalah ".blogspot.co.id" atau ".wordpress.com" tentu sudah termasuk hosting dan hebatnya semua secara gratis.

Namun bagaimana jika kamu membuat template atau kode web program sendiri? Tentu akan menjadi berbeda jika kamu tidak menggunakan layanan instan blog.

Ada baiknya sebelum memulai hosting kamu tahu beberapa istilah berikut, berikut penjelasan sederhana dengan analogi sebuah bangunan atau hunian.

1. Domain



Domain merupakan alamat dari bangunan kamu. Secara teknis, domain merupakan alamat yang menuju ke lokasi hosting kamu. Biasanya dalam bentuk www.domainkamu.com

2. Hosting



Hosting merupakan suatu tempat untuk menyimpan data. Dalam bentuk tulisan, gambar atau video yang nantinya akan dikemas dalam suatu bentuk yang dinamakan website. Ibarat kapling yang merupakan suatu bagian tanah yang sudah dipetak-petak dengan ukuran tertentu yang akan dijadikan bangunan atau tempat tinggal.

3. SSL



SSL atau Secure Socket Layer merupakan jalur yang berfungsi sebagai pengaman website. SSL akan membuat suatu jalur yang terenkripsi antara server dan web browser pada sisi user. Sehingga, pada saat user mengakses website, maka data dapat terkirim dengan aman.

4. Website



Website diibaratkan seperti bangunan yang berdiri di atas kapling (hosting). Website merupakan suatu bentuk tampilan atau halaman yang berisikan informasi data dalam bentuk tulisan, gambar atau video.

5. Lengkap



Jadi ibarat membeli rumah di komplek perumahan, tentunya kamu harus memesan kapling terlebih dahulu agar dapat mendirikan suatu bangunan. Terdapat beberapa kapling yang dapat kamu pesan. Begitu juga dalam jaringan internet. Terdapat hosting, website, domain dan SSL yang direpresentasikan sebagai kapling, bangunan, nama bangunan, dan pengaman pada suatu komplek perumahan.

Setalah kamu paham, selanjutnya adalah pemilihan layanan situs hosting dan penyedia layanan domain yang handal. Ada begitu banyak seperti
1. Hostinger.co.id
2. Domainesia.com
3. 000WebHost.com
4. Niagahoster.co.id
5. Nusantarahost.com
6. Dewaweb.com
7. Rumahweb.com dan masih banyak lagi

Dari sekian banyak penyedia layanan hosting, salah satu yang terbaik adalah Domainesia.
Domainesia adalah perusahaan rintisan dengan layanan registrasi nama domain, web hosting, dan layanan web yang berfokus terhadap kualitas layanan tanpa mengesampingkan efisiensi biaya.

Berdiri tahun 2009, Domainesia terus berupaya memberikan pengalaman layanan terbaik serta membangun sistem automasi yang efektif dan efisien dan telah melayani lebih dari 25.000 customer dari seluruh penjuru Indonesia dan mancanegara.

web hosting indonesia

Kamu bisa memilih nama domain yang kamu suka dengan biaya yang bervariasi dan terjangkau.
Keunggulan dari Domainesia adalah,
1. Simple Dashboard, mudah dipamahi sekalipun untuk pemula
2. Aktivasi Instan, tidak perlu menunggu lama agar website kamu aktif
3. Cloud SSD Hosting, semakin handal dan lancar
4. Passionate Support, dukungan dan bantuan tersedia, lengkap dan cepat



Hosting Domainesia menjawab semua kebutuhan kamu mulai dari, Toko Online, Blogger, Developer, Startup atau Company. Dengan Fitur,



Masih penasaran dengan Hosting Domainesia, apa yang sering ditanyakan?


Jika kamu sudah mengerti tentang layanan penyedia domain dan hosting maka kamu tidak perlu khawatir lagi tentang domain dan hosting kan. Artikel berikutnya akan diposting tentang bagaimana setting file website kamu di Domainesia. Semoga artikel ini bermanfaat.